Kategori

BALIKPAPAN Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan memiliki perhatian yang tinggi untuk meningkatkan kualitas atau mutu perguruan tinggi di wilayahnya. LLDIKTI XI kembali mengadakan kegiatan  peningkatan kualitas atau mutu pendidikan di Kota Balikpapan melalui penulisan jurnal Nasional  di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, yang di hadiri sekitar 50 peserta dari barbagai wilayah perguruan Tinggi di Kalimantan Timur. Acara ini di buka langsung oleh  Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof. Udiansyah, Balikpapan, Selasa (30/7/2019).

Pada sesi pembukaan, Prof. Udiansyah, menjelaskan bahwa Dosen sebagai salah satu komponen penting dalam pendidikan tinggi dan mempunyai peran yang penting dalam penyelenggaraan PT.

“Peran dan tugas pokok dosen telah berkembang dari yang semula lebih ditekankan pada tugas mengajar menjadi pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentrasformasikan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi  melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” Katanya.

Prof. Udiansyah, juga menyampaikan bahwa jabatan fungsional yang dimiliki oleh seorang dosen merupakan bentuk pemberian penghargaan pemerintah atas prestasi kerja yang dicapai oleh seorang dosen.

“Pengembangan karier dosen diberikan melalui prosesn kenaikan jabatan fungsional. Jabatan Fungsional yang ditempuh seorang dosen ialah Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar” Ujar Kepala LLDIKTI XI Kalimantan.

Jabatan fungsional merupakan syarat untuk menjadi dosen professional. Oleh karena LLDIKTI Wilayah XI mempunyai tugas untuk memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan tinggi maka  untuk meningkatkan pemahaman penilaian jabatan fungsional baik secara teknik maupun substansi adalah langkah kami untuk memfasilitasi peningkatan pada salah satu standar penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Udiansyah, juga berharap kepada seluruh peserta agar setelah kembali ke PT/PTS  masing-masing agar terus melakukan riset agar apa yang telah di keluarkan oleh LLDIKTI tidak sia-sia. Ia juga menyinggung soal dana luaran yang di terima oleh para dosen peneliti. Namun di jawan oleh peserta luaran tersebut belum cair Prof.

Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Prof. Enos Tangke Arung dari Unmul  hingga hingga usai acara pelatihan penulisan Jurnal Nasional.( FF)